Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Selasa, 27 November 2018

Pengenalan karir profesi Chef & peluang bisnis makanan - Program Diploma 3 Hotel Operations & Management(Food&Beverage Product Concentration) Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya

Hari ini, banyak sekali perubahan yang terjadi pada kebutuhan dunia kerja dan industri. Pendidikan yang semakin modern, serta kemudahan mengakses informasi dari media elektronik, turut mempengaruhi cita-cita dan impian generasi muda Indonesia yang kini semakin berkembang dan berkiblat ke negara maju. Salah satu profesi yang sangat diincar oleh generasi muda modern adalah Chef. 
Gaji besar, peluang berkarir di luar negeri, memimpin sebuah dapur industri, dan membangun restoran sendiri, tampaknya semakin merasuki pikiran anak muda yang berfikiran modern. Samasekali bukan pemikiran yang salah, makan yang dulunya hanyalah kebutuhan wajib semua orang untuk bertahan hidup, kini sudah berkembang menjadi hobby, trend, lifestyle, dan juga tolok ukur kelas ekonomi seseorang alias kebutuhan aktualisasi diri. Industri makanan sampai kapanpun memang akan menjadi prospek yang luar biasa bagi orang yang terjun di dalamnya, karena pada dasarnya semua orang tidak akan berhenti makan.
Mari kita mengenal sekilas tentang dunia Chef sebelum masuk pada penjelasan program pendidikan. Pembuktian kualitas seorang chef bukanlah dari ijasah pendidikan atau seberapa panjang gelar pendidikan yang dipunyai. Chef sendiri bukanlah gelar pendidikan, namun nama sebuah profesi. Seorang Chef diakui kualitasnya karena produknya yang diterima oleh konsumen. 
Namun, tidak jarang mindset orang tua di Indonesia menginginkan anaknya berkuliah secara formal dan mengharuskan mereka mendapatkan gelar setelah lulus. Tristar Institute Group menangkap dan menanggapi kultur tersebut dengan menyajikan sebuah program berjenjang Diploma 3 Hotel Operations & Management yang khusus berkonsentrasi di bidang Food & Beverage Product lewat kampus Akademi Pariwisata Majapahit, sebuah akademi formal yang pada program ini dibekali dengan kurikulum 80% praktek yang dikhususkan untuk mencetak Chef profesional dan pengusaha di industri makanan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel Akademi Pariwisata Majapahit, industri pariwisata Indonesia adalah potensi bisnis dan peluang kerja yang sangat luar biasa.  Bidang pariwisata Indonesia yang tumbuh semakin pesat selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan industri perhotelan. Namun sayangnya, hampir tidak ada sekolah perhotelan di Indonesia yang benar-benar berfokus dalam mencetak Chef. Seringkali di kampus lain, praktek food & beverage product hanya diadakan pada semester-semester tertentu dan pada keseharian pengajarannya lebih banyak mempelajari teori yang tidak berkaitan dengan profesi Chef. 
Dalam mencetak lulusan dengan keahlian profesi khusus seperti Chef, diperlukan pembelajaran berbasis praktek dan latihan yang terus-menerus. Metode pendidikan konvensional di Indonesia seringkali hanya berbasis teori, sedangkan Chef memerlukan keahlian yang hanya bisa didapatkan dari pendidikan praktek serta berfokus pada disiplin ilmu food & beverage product. Manajemen Tristar Institute Group lewat program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration di kampus Akademi Pariwisata Majapahit, menawarkan sebuah metode pengajaran yang benar-benar berbasis praktek sejak awal masuk hingga menjelang lulus.
Kurikulum program ini disusun dari hasil studi banding jajaran manajemen Tristar Institute Group dengan kampus-kampus kuliner di negara maju dan disesuaikan dengan kultur pendidikan di Indonesia. Relasi bisnis Tristar Institute Group yang sangat kuat ini memudahkan jajaran tinggi manajemen Tristar Institute Group dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration, Akademi Pariwisata Majapahit. Berbagai kampus kuliner relasi Tristar Institute Group di negara maju pun turut membantu dalam penyusunan kurikulum program ini supaya sesuai dengan kebutuhan industri kuliner internasional.
Penyusunan program yang disesuaikan dengan kebutuhan dan trend di industri kuliner internasional ini membuat lulusan Diploma 3 jurusan Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration bisa melanjutkan pendidikan mereka ke luar negeri, khususnya di kampus kuliner relasi Tristar Institute Group yang tersebar di beberapa negara maju. Para lulusan juga lebih mudah untuk bekerja di luar negeri, karena telah mempelajari keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri kuliner internasional.
Salah satu kelebihan program Diploma 3 program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration di Akademi Pariwisata Majapahit yang sulit ditandingi oleh kampus lain adalah, seluruh Chef pengajarnya yang diambil dari beberapa hotel berbintang baik domestik maupun luar negeri. Selain pengalaman sebagai Chef di dunia industri, seluruh pengajar juga wajib memenuhi persyartaan dari manajemen Tristar Institute Group yaitu setidaknya memiliki gelar minimal Strata 2 Magister Pariwisata yang berarti linier dengan bidang pariwisata. Dengan para pengajar yang memiliki bidang keilmuan linier, Akademi Pariwisata Majapahit melalui program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration yakin mampu menjadi kampus kuliner terbaik di Indonesia saat ini.
Masih seputar para dosen pengajar, Akademi Pariwisata Majapahit memiliki para pengajar yang sebagian besar juga merupakan pelaku bisnis. Mereka bukan hanya berprofesi sebagai dosen, namun juga menjalankan restoran atau usaha food & beverage pribadi. Hal ini akan memberikan efek yang sangat positif bagi mahasiswa karena para dosen bukan hanya mampu memberikan pengajaran berupa skill dan pengetahuan secara text book, tapi juga berbagi tips dan pengalaman ketika terjun dalam industri food & beverage yang sebenarnya baik sebagai Chef maupun pebisnis. Belum cukup sampai di situ, Akademi Pariwisata Majapahit juga masih memiliki banyak aksesor nasional di sektor Culinary, Pastry, Pariwisata, dan Perhotelan, yang siap membagikan ilmunya untuk mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit.
Metode pengajaran praktek pada program Diploma 3 Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration akan dilaksanakan dengan sistem individu dan juga team. Battle week juga akan diadakan setiap periodenya untuk semakin melatih persaingan yang sehat antar mahasiswa. Kampus Akademi Pariwisata Majapahit juga tidak jarang mendatangkan Chef pengajar tamu dari industri baik dari dalam maupun luar negeri untuk semakin memperkaya variasi pengajaran. Tidak lupa menjelang kelulusan, seluruh mahasiswa akan diajak untuk melakukan Study Tour ke negara maju dengan biaya yang sebagian besar disubsidi oleh kampus. 
Study tour ini diharapkan mampu semakin membuka wawasan mahasiswa tentang trend dan kebutuhan dunia kuliner internasional.
Bagi anda yang ingin untuk mencari pengalaman di kapal pesiar dan bekerja sebagai koki, program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration ini sudah memfasilitasi lulusan dengan pelatihan dan penyaluran ke kapal pesiar dengan rute Eropa. Pelatihan dan penyaluran untuk bekerja di kapal pesiar sudah menjadi bagian dari kurikulum pengajaran program berjenjang Diploma 3 ini.
Dalam program ini, seperti halnya semua sekolah kuliner besutan Tristar Institute Group, anda tidak perlu khawatir apabila anda belum terlalu memiliki dasar di bidang masak-memasak atau membuat kue. Semua mahasiswa akan diperkenalkan seputar teknik dasar mulai dari mengenal peralatan dan bahan-bahan. Tidak ada persyaratan yang khusus bagi anda yang ingin bergabung menjadi mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit.
Mengenai materi apa saja yang akan diajarkan pada jurusan ini bisa anda baca pada bagian bawah artikel informasi ini. Tapi, tentunya belajar teori hanya dengan cara duduk di kelas dan mendengarkan ceramah dari dosen saja pastinya tidak akan membuat anda menjadi seorang Chef handal, bahkan mungkin terdengar membosankan bagi sebagian orang. Mempelajari food & beverage product dengan metode praktek ala Akademi Pariwisata Majapahit akan mewujudkan mimpi sebagian dari anda yang sudah bosan dengan cara pembelajaran konvensional. Inilah metode pengajaran yang hanya ada di jurusan program Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration, Akademi Pariwisata Majapahit.
Akademi Pariwisata Majapahit dengan slogannya “Learning by doing & being” hingga saat ini menjadi salah satu akademi favorit di Jawa Timur dalam bidang pariwisata dan perhotelan. Nama Akademi Pariwisata Majapahit yang mewarisi semangat kerajaan Majapahit adalah wujud dari pengabdian Tristar Institute Group pada industri pariwisata Indonesia. Melalui program Diploma 3 Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration, Akademi Pariwisata Majapahit juga turut mengembangkan industri food & beverage Indonesia supaya citra Indonesia semakin kokoh untuk menjadi destinasi wisata kuliner dunia.
Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat langsung berkontak dengan divisi informasi pendaftaran program Diploma 3 Hotel Operations & Management with Food & Beverage Product Concentration kampus Akademi Pariwisata Majapahit di bawah ini :
Sdri. Tutik, Amd.Par : 081330350822
Sdri. Denyta, M.M Par. : 081216181016
(Brosur resmi dapat dikirimkan via What’s App )
*Pengajuan kerjasama pendidikan, sponsorship, dan permintaan tenaga kerja dari Alumni Tristar Institute Group :
Hendrik Adrianus Sugirno, S.E.; S.Sos, ; M.Par : 081233752227


 Tristar Institute.
School of Culinary – Baking Pastry Art, S1 Food Technology, Hospitality, Cruise,
D3 Hotel & Culinary Business
.
*Tristar Institute Pontianak.
Komplek SMA Taruna
Jl. Supadio
Kec Sungai Raya - Kab Kuburaya
Pontianak – Kalimantan Barat
Telp. 0812 5956 5486. 0812 3375 2227. 0813 3035 0822. 0812 3253 9310.
.
Contact Us at:
*Akpar Majapahit
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya
Telp: 031-8480821-22. 081216181016. 081232539310. 081233752227. PIN: D369634B, D30D351C
.
-Tristar Institute -
School of Culinary - Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise, D3 Hotel & Tourism.
.
*Tristar S1 Teknologi Pangan
Raya Jemursari 234. Surabaya.
Telp: 031-8480821-22. 081216181016. 081233752227. PIN: D369634B, D30D351C
.
*Tristar Institute Bogor
Jln. Raya Tajur No 33, Bogor
Telp: 0251-8574434, 081272017761, 081217929008 PIN: 53B4EFD8
082231372022 PIN: 2A6A1F4E.
.
*Tristar Institute BSD
Jln. Pahlawan Seribu - Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 / Blok RL 31-33
Telp: 021-5380668, 081381500021, 082122565898. PIN: D34223AE.
.
*Tristar Institute Kota Wisata Batu
Jln. Bukit Berbunga 10 Batu
Telp: 0341-3061525, 081232539310 PIN: D34223AE.
.
*Tristar Institute Kaliwaron
Jln. Raya Kaliwaron 58 - 60 Surabaya Telp: 031 5999593, 082230059993. 081216039795.
Pin: 5BOD4B28. 595410A.
.
Tristar Institute memberikan ruang belajar bagi Anda yang ingin menjadi profesional chef.... Come & join us !
.
#CulinaryArt #CulinarySchool #CulinaryClass #TristarCulinaryInstitute #TristarInstitute #TristarBogor #TristarBSD #TristarBatu #TristarSurabaya #Foodpreneur #FoodTechnology #LoveCooking #Culinology #KuliahTataboga #KuliahMasak #Gourmet #Kitchen #CookingStudio #ModernKitchen #Gastroart #CulinaryAcademy #ArtOfPlating #CelebrityChef #D3Perhotelan #SekolahKuliner #CookingStudio #Food #BelajarMasak #CookingSchool #SekolahMasak #PoliteknikSurabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar