Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Jumat, 02 September 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Pastry Advanced

Ajarkan Membuat Produk ‘Healthy Pastry’

 Pada perkembangannya, tren dan gaya hidup masyarakat sekarang sudah mulai bergeser dari makanan yang sekedar enak dan menarik, kini cenderung kepada makanan yang enak, menarik dan sehat. Tidak bisa dipungkiri bahwa pola hidup sehat sangat dipengaruhi oleh pola konsumsi seseorang terhadap makanan. Inilah salah satu pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa Akpar Majapahit kelas pastry advanced yang sedang praktik membuat Produk ‘Healthy Pastry’.

  

Berbicara tentang materi ‘Healthy Pastry’, Chef Lily Andayani, ST selaku dosen patiseri menjelaskan tren inilah yang mendorong para kreatif dibidang makanan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Permintaan akan makanan sehat sekarang semakin tinggi karena banyak orang mengikuti gaya hidup sehat. Di kota-kota besar, cakeshop yang menyediakan produk healthy pastry untuk kesehatan kini makin tren.
Dalam pokok bahasan ini mahasiswa diajarkan membuat produk pastry yang sehat dengan rasa yang tetap menggiurkan. Ia juga menjelaskan, bahwa produk healthy pastry ini umumnya dikonsumsi untuk yang berkebutuhan khusus, sehingga banyak sekali aturan yang musti diperhatikan. 
“Healthy pastry products yang kita buat ini terdiri dari produk berkonsep sugar free (produk bebas gula), egg free (produk bebas telur), gluten free (produk tidak mengandung gluten), low fat (produk rendah lemak), dan hi fiber (produk dengan serat tinggi). Misalnya produk gluten free yang aman dikonsumsi oleh penderita autis, maka tanpa menggunakan bahan tepung terigu dan sebagai penggantinya bisa menggunakan tepung beras ataupun tepung ketan. Begitu juga untuk hi fiber, selain didapatkan dari buah segar bisa ditambahkan whole wheat ataupun oatmeal. Nah, produk egg free ini untuk jenis cake tertentu yaitu muffin, sebagai pengganti telur dibuat dari campuran alpukat dan yoghurt. Wah, yang pasti membuat produk sehat untuk pastry ini butuh perhatian khusus.” Jelas Chef Lily.

 Dalam praktiknya, mahasiswa Pastry Advanced diajarkan membuat beberapa produk ‘Healthy Pastry’, antara lain; pandan nut no gluten cake, sweet black mamba no gluten cake, speculas canary no gluten cake, oat black bean brownies, skinny brownies, coffee oatmeal cake, appel muffin, strawberry oatmeal muffin, chocolate avocado muffin, sweet potato pie, strawberry mint pie, dan banana cookies.

Dikatakan oleh Chef Lily, pembuatan produk healthy pastry ini diperlukan kejelian dan kreativitas. Mahasiswa dibekali dengan pengetahuan tentang bahan baku yang berkualitas tetapi juga yang ramah terhadap kesehatan. Hampir semua produk healthy pastry yang dipraktekan menggunakan kombinasi bahan buah-buahan segar, seperti apel, strawberry, pisang dan alpukat. Sehingga citarasa yang ditampilkan harus unik, lembut, tetap sehat dan menyegarkan, pungkasnya.

Nah ingin lebih jauh lagi mempelajari dunia patiseri? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah chef di Surabaya yang menawarkan kelas untuk Pastry Advanced. Lembaga pendidikan yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk patiseri. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 234 & 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar