Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Minggu, 21 Agustus 2016

Ujian Pra Skripsi Gelombang II, Diikuti 19 Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit

Ujian Pra Skripsi Gelombang II, Diikuti 19 Mahasiswa D3 Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Perhotelan
SETELAH rehat selama dua pekan, ujian pra skripsi gelombang II kembali digelar pada Sabtu (13/08/2016). Sebanyak 19 mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti ujian pra skripsi gelombang II di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.
Dari 19 mahasiswa D3 Akpar Majapahit, delapan orang di antaranya adalah mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Delapan mahasiswa itu adalah Rizki Rahmanda, Reyvaldo Soehandono, Ajeng Astamay N.A., Nadia Cyrilla Sari, Agna Bella Monica, Nimas Oktavianti, Anis Roliani Putri dan Endang Setyawati. 
Sedangkan 11 mahasiswa yang lainnya berasal dari Prodi Perhotelan. Mereka adalah Steven Alston, Erita Friyanti Pasaribu, Lingga Christie, Rosalia Nipa, Magdalena Putri Raharjo, Onny Dwi Ariyanti, Niluh Gayarni, Grace Wijaya, Helmi Dzulfikar Rusyadi, Nurizal Arief R.S., dan Rikky Fernando P. 
Delapan mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit diuji oleh Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Effendi M.Pd. Sedangkan 11 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan masih dibagi dalam tiga kelompok kecil.Kelompok 1 terdiri dari Steven Alston, Erita Friyanti Pasaribu, Lingga Christie dan Rosalia Nipa diuji oleh Mafthucha Dipl.Hot., SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto SE., MM. 
Selanjutnya kelompok 2 yang meliputi Magdalena Putri Raharjo, Onny Dwi Ariyanti, Niluh Gayarni dan Grace Wijaya diuji oleh Mafthucha Dipl.Hot., SE., M.Par dan Otje H. Wibowo, SE., M.Par. Sedangkan kelompok 3 yang terdiri dari Helmi Dzulfikar R., Nurizal Arief R.S., dan Rikky Fernando P diuji oleh Otje H. Wibowo SE., M.Par dan Ari Purwanto SE., MM.
Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Rizki Rahmanda. Rizki memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Motivasi Kunjungan Wisatawan Nusantara di Museum Mpu Tantular Sidoarjo di hadapan dua orang dosen penguji.
Sebelum maju ujian, Rizki mendapatkan support langsung dari Dewi Mariyanah M.Par, dosen pembimbingnya dan beberapa rekan sejawat dari Prodi UPW yang menunggu giliran maju ujian pra skripsi gelombang II. ”Kehadiran dosen pembimbing dan rekan sejawat tersebut menumbuhkan kepercayaan diri saya sebelum menghadapi ujian pra skripsi gelombang II,” kata Rizki, usai ujian kepada kru www.culinarynews.info.
Dalam kesempatan itu, Rizki Rahmanda juga menunjukkan catatan dari dosen penguji terhadap laporan pra skripsinya berupa revisi penulisan dan daftar pustaka. ”Plong rasanya, setelah sebelumnya harus melekan di rumah guna mempersiapkan ujian pra skripsi tersebut,” ujar Rizki, sapaan akrab Rizki Rahmanda, sambil tersenyum.
 
Hal senada juga diperlihatkan Steven Alston, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan, seusai mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Penguasaan Standard Operational Procedure (SOP) Peralatan terhadap Kelancaran Operasional Kitchen di Shangri-La Hotel Surabaya, di hadapan dua dosen penguji, Mafthucha dan Yanuar Kadaryanto, akhir pekan lalu.

Sambil menunggu panggilan dari panitia ujian pra skripsi gelombang II, Dewi Mariyanah M.Par, dosen pembimbing dari Prodi UPW dan beberapa dosen pembimbing dari Prodi Perhotelan, yakni R Paulus Soetrisno M.Par, Hardita Kusdaryanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST juga tampak sibuk untuk membekali pengetahuan mahasiswa bimbingannya sebelum maju ujian pra skripsi di lantai 4 Gedung Graha Tristar.
Nah, kehadiran dosen pembimbing itu diapresiasi oleh sejumlah mahasiswa Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan yang maju ujian pra skripsi gelombang, seperti Reyvaldo Soehandono, Agna Bella Monica, Nimas Oktavianti, Erita Friyanti Pasaribu, Rosalia Nipa dan Onny Dwi Aryanti.
Usai Rizki Rahmanda, giliran Reyvaldo Soehandono yang maju ujian dengan mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Kualitas Sapta Pesona Pariwisata Taman Tugu Pahlawan Surabaya. ”Untuk menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu empat bulan lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing sebelum maju ujian 13 Agustus 2016,” kata Reyvaldo, usai diuji oleh Hedy W. Saleh dan Effendi.
Selanjutnya Ajeng Astamay N.A., yang akrab disapa Ajeng, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Mutu Sarana Promosi Tourism Information Center terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Surabaya di hadapan dosen penguji.
Setelah Ajeng, sekarang giliran Nadia Cyrilla Sari yang dipanggil masuk ruang ujian guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Pengorganisasian Event MTF Jatim (Studi Observasi tentang Penyelenggaraan Travex dan Exhibition).  Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, Nadia dibimbing langsung oleh Dewi Mariyanah M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par.
Giliran berikutnya adalah Agna Bella Monica yang diuji oleh  Hedy W. Saleh dan Effendi. Bella, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Mutu Pengelolaan Daya Tarik Wisata Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya, yang dibimbing Dewi Mariyanah dan Imania Ayu Wulandari.
Mahasiswa D3 Prodi UPW yang mendapat giliran maju ujian setelah Agna Bella Monica adalah Nimas Oktavianti. Mahasiswa dari Banyuwangi ini mengangkat judul laporan pra skripsinya Peran Serta Masyarakat terhadap Pengembangan Daya Tarik Kampung Wisata Jambangan di Surabaya. Nimas mengaku siap 100 persen menghadapi ujian pra skripsi gelombang II, setelah dirinya mendapat pembekalan dari dosen pembimbing sebelum ujian. Dosen pembimbingnya, Dewi Mariyanah dan Hardita.
Selanjutnya Anis Roliani Putri mempresentasi laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Perilaku Wisatawan Nusantara Makam Proklamator di Kota Blitar di hadapan dua orang dosen penguji. Terakhir yang maju untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Endang Setyawati.
Laporan pra skripsi Endang Setyawati  yang mengambil judul  Analisis Service Quality Pengelolaan Biro Perjalanan Wisata di Banyuwangi (Studi Observasi pada PT Blutama Imawangi) dipresentasikannya dengan baik di hadapan dosen penguji, Hedy W. Saleh dan Effendi.
Sementara itu, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang tampil untuk presentasi setelah Steven Alston adalah Erita Friyanti Pasaribu. Perempuan asal Medan (Sumatra Utara) yang akrab disapa Suster Erita itu mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Standar Mutu Bahan terhadap Kualitas Produk Pastry di Hotel Java Paragon, di hadapan dua dosen penguji, Mafthucha dan Yanuar Kadaryanto.
Selanjutnya yang maju ujian adalah Lingga Christie. Ia mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pentingnya Kualitas Pelayanan terhadap Tamu di Resto Warung Jangkrik Sego Sambel Wonokromo. Untuk menyusun laporan pra skripsinya itu, Lingga Christie dibimbing R Paulus Soetrisno dan Agus Sudarsono, M.Par.
Masih dari kelompok 1 yang tampil adalah  Rosalia Nipa. Ia mempresentasikan judul pra skripsinya Upaya Room Maid dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu di Hotel Luminor Surabaya. Mahasiswi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini dibimbing R. Paulus Soetrisno dan Bambang Sutrisno.
Sementara itu, dari kelompok 2 yang mendapat giliran pertama tampil di hadapan dua dosen penguji, Mafthucha dan Otje H. Wibowo adalah Magdalena Putri Raharjo. Mahasiwa D3 Prodi Perhotelan itu mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Cara Penyimpanan Bahan Makanan terhadap Kualitas Produk Makanan Pastry di Kitchen Hotel Ibis Styles Surabaya. Dalam menyusun laporannya itu Magdalena dibimbing Renny Savitri M.Par dan Kristian ST.Par.
Penyaji laporan pra skripsi berikutnya adalah Onny Dwi Aryanti. Ia mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Kelengkapan Kitchen Equipment terhadap Efektivitas Kerja di Hotel Rich Palace Surabaya. Dalam menyusun laporan ini, Onny, sapaannya, dibimbing oleh Yanuar Kadaryanto dan Dewi Mariyanah.
Setelah Onny Dwi Aryanti, giliran berikutnya adalah Niluh Gayarni. Mahasiswi asal Bali ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Prosedur Pemesanan Bahan Makanan terhadap Penyimpanan Bahan Makanan di Hotel JW Marriott Surabaya. Dalam penyusunan tulisan ini Niluh Gayarni dibimbing Yanuar Kadaryanto dan Bambang Sutrisno.
Penyaji terakhir dari kelompok 2 adalah Grace Wijaya. Mahasiswi berparas cantik ini mempresentasikan judul pra skripsinya Tingkat Kualitas Pelayanan Resepsionis pada Tamu Hotel Oval Surabaya, di hadapan dosen penguji, Mafthucha dan Otje H. Wibowo. Selama penyusunan laporan pra skripsinya itu, Grace Wijaya dibimbing R Paulus Soetrisno dan Bambang Sutrisno.
Selanjutnya yang tampil untuk menyajikan  laporan pra skripsinya adalah tiga orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dari kelompok 3. Kali ini giliran yang tampil pertama adalah Helmi Dzulfikar R. Ia mempresentasikan judul pra skripsinya Efek Komunikasi antara Food & Beverage Product (F&B) dengan Food & Beverage Service (FBS) terhadap Kualitas Pelayanan di Hotel Grand Surya Kediri, di hadapan dua orang dosen penguji, Otje H. Wibowo dan Ari Purwanto SE, MM.
Setelah Helmi Dzulfikar yang tampil sebagai penyaji adalah Nurizal Arief R.S. Ia mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Kelengkapan Instrumen Legal untuk Mendukung Efektivitas Bisnis Ikan Bakar Bu Kartini Khas Kedungombo Jawa Tengah.
Terakhir yang maju ujian pra skripsi gelombang II adalah Rikky Fernando P. Mahasiswa D 3 Prodi Perhotelan ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Room Service di Hotel Luminor Surabaya.  Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, baik Nurizal Arief maupun Rikky Fernando  dibimbing oleh R Paulus Soetrisno dan Hardita Kusdaryanto.
Usai ujian pra skripsi gelombang II tersebut, 19 mahasiswa D3 Akpar Majapahit diberi pengarahan oleh pihak Akademik seputar persiapan wisuda termasuk biayanya yang dipatok Rp 2,5 jutaan per orang (besarannya seperti tahun lalu). Biaya wisuda itu antara lain untuk pengadaan baju toga, ijazah, sertifikat kelulusan D3, sertifikat D1 dan D2, serta transkrip nilai.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar