Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Minggu, 21 Agustus 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture

Baking Demo “Cake Decoration” 
Persembahan Richs

Agar cake yang dibuat terlihat menjadi lebih menarik, salah satunya dengan menambahkan hiasan whip topping pada cake tersebut. Terdapat bermacam macam bentuk hiasan dari whip cream yang bisa diaplikasikan, mulai dengan teknik yang gampang hingga yang rumit. Semua itu dapat dipelajari. Dalam baking demo program guest lecture di kelas Patiseri, kehadiran Chef Richi Firman Simamora (Technical Sales Representative) dan team dari Richs Gold Label memberikan warna tersendiri dalam memberikan beberapa trik membuat hiasan dari whip cream (whip topping) yang gampang dibuat tapi menarik. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas Patiseri saat mengikuti baking demo membuat aneka hiasan dari whip cream.

  

Berbicara tentang whip cream selain memberi sensasi rasa manis dan lembut juga memiliki serangkaian karakter yang bisa diciptakan. Nah untuk memperlakukan whip cream menjadi hiasan yang menarik dalam berbagai tampilan, pastinya diperlukan pemahaman tersendiri.

Acara baking demo yang digelar khusus untuk mahasiswa Patiseri Akpar Majapahit sangat menarik diikuti dan disambut antusias oleh semua mahasiswa. Seperti yang disampaikan Chef Otje Herman Wibowo, SE, M.Par, selaku dosen Patiseri dan Asdir II Bidang Keuangan Akpar Majapahit tujuan diadakannya kegiatan ini sendiri adalah selain menambah ilmu, juga untuk memperkenalkan beragam teknik baru dalam industry makanan serta inovasi kepada para mahasiswa kelas patiseri sehingga mereka bisa mempertajam kemampuannya di bidang mengolah produk makanan” ungkapnya.

Dalam pertemuan baking demo ini, untuk pertama kalinya Richs Gold Label mengenalkan teknik membuat hiasan cake dari whip cream (whip topping). Chef Richi Firman Simamora mengajarkan kepada mahasiswa Patiseri cara membuat beberapa hiasan dari whip topping yang diaplikasikan diatas cake yang telah ditutup dengan whip topping dari produk Richs.

Penasaran’kan bagaimana chef muda ini membuat hiasan dari whip topping? Dengan sangat teliti dan hati-hati, Chef Richi mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan hiasan terutama membuat bunga.

Diterangkan oleh Chef Richi, sebelum membuat  hiasan cake yang perlu disiapakan adalah cake dan whip topping ‘Richs’, lalu alat-alat seperti meja putar, piping bag, spuit, spatula dan gunting. Langkah pertama, kocok whip topping ‘Richs’ dengan kecepatan sedang hingga lembut dan kokoh. Setelah itu masukkan dalam piping bag, dan whip cream siap digunakan untuk membuat hiasan cake. Bisa dibuat hiasan bentuk bunga ataupun hewan, dan dipadu dengan hiasan cokelat ataupun buah-buahan segar. Wow, meski sederhana cara membuatnya, tetapi bisa membuat hiasan dari whip cream ini kelihatan menarik dan cantik.

“Untuk membuat hiasan bunga dari whip topping, lakukan di tempat yang sejuk. Bahan whip cream dimasukkan dalam piping bag, lalu gunakan spuit mawar yang bentuk ujungnya pipih. Gunakan bantuan paku payung, dan whip cream siap disemprotkan membuat rangkaian kelopak bunga. Nah, agar bunga makin terlihat cantik, tambahkan pewarna ‘Coloring Powder’ yang food grade, pemakaiannya cukup disemprotkan. Untuk menambah kesegaran bunga, bisa diberi sentuhan embun yang dibuat dari natural gel.” jelas Chef Richi.

Keasyikan kegiatan guest lecture dalam pembuatan hiasan dari whip cream ini dirasakan oleh semua mahasiswa. Mereka selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh chef Richi, para mahasiswa begitu serius menyimak setiap langkah pembuatan beberapa hiasan bentuk bunga. 

“Wah senengnya bisa mengetahui teknik membuat hiasan dari whip cream, terutama saat membuat rangkaian bunga. Baking demo kali ini, kita diajak membuat chocolate rose cake, white forest cake, dan flower rose cake. Yang terpenting kunci dari ilmu membuat bunga-bunga cantik ini adalah banyak berlatih” ungkap Shirin A. dan Yeda Yetta, mahasiswa baru dari kelas patiseri.



Ingin lebih jauh lagi mempelajari materi Patiseri? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah kuliner di Surabaya yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk patiseri. Jadi tunggu apa lagi, banyak program-program patiseri yang berkualitas dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya. *Upi
Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Telp. (031) 8480821-22, 8433224-25, 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN: 2A1CE131; 2B517ECB; 2B425821; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar