Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Minggu, 31 Juli 2016

Mirror Glazing Cake Persembahan Chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate

Chef Tamu Berbagi Ilmu dengan Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit

”Mirror Glazing Cake” ala Rusia Persembahan Chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate  
UNTUK kali kesekian, sekitar 120-an orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry (Patisserie) Akpar Majapahit (gabungan dari Kelas Pagi dan Kelas Siang), kembali mendapatkan tambahan pengetahuan dari chef Topan Irianto, dosen tamu dari ChefMate Chocolate di dapur Pastry 1, kampus Akpar Majapahit pada Rabu (27/07/2016) lalu.
Kehadiran dosen tamu chef Topan Irianto bersama Teddy Deswantara, asistennya, di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit ini, selain untuk demo cara membuat Mirror Glazing Cake ala Rusia (cake berkilau bak cermin desain kekinian), juga berbagi info seputar keberadaan ChefMate Chocolate.
Di hadapan mahasiswa jurusan Pastry, chef Topan Irianto mengungkapkan, secara umum cara membuat cake dengan hiasan aneka topping cantik seperti ini sudah diajarkan dosen di kelas. Karena itu, kehadirannya di hadapan mahasiswa untuk berbagi sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara membuat cake berkilau bak cermin dengan dekorasi bulu ayam, mahkota bunga dan sarang lebah –dari bahan white chocolate produksi ChefMate Chocolate-- desain kekinian, yang saat ini lagi trend di pasaran. 
Diakuinya, jika saat ini lagi booming cake yang berkilau bak cermin. Tampilannya yang unik dengan lapisan cokelat, biru, pink, kuning atau merah yang mengkilap memang menampilkan hal baru di dunia baking. Awal populernya mirror cake itu terjadi karena kiprah wanita cantik dari Rusia yakni Olga Noskova, yang memamerkan hasil kreasinya melalui instagram.
Warna-warni mirror cake yang dipamerkannya lewat instagram tersebut sungguh cantik dan menggemaskan. Tak heran kalau ide kreatifnya kini populer dimana-mana karena Olga Noskova sendiri juga dikenal sangat suka memasak dan menghias kue.
Mirror cake sebenarnya dibuat dari sponge cake atau pound cake dan tart ulang tahun biasa. Hanya saja yang membuat beda cake tersebut adalah icing yang berkilau sehingga membuat tampilannya semakin glamour dan mengagumkan. Nah, ketika melihat kue itu terdapat bayangan, maka cake ini pun terkenal dengan sebutan mirror cake ala Rusia.
Mengingat banyaknya orang yang penasaran atas keberadaan mirror cake ini, Olga Noskova pun membeberkan rahasia terbentuknya icing cermin tersebut. Ini juga ditunjukkan chef Topan dan asistennya kala menyiapkan icing mirror (lapisan mirror).
Ia menuturkan, cara membuat icing mirror atau lapisan mirror ini sangat mudah dan praktis. Ada pun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah gelatin, air, sirup glukosa, gula, susu kental manis, air serta cokelat putih. Rahasia mengkilap bak cermin ternyata dari penggunaan gelatin di dalamnya.  

Dalam kesempatan kali ini pihaknya membagikan salah satu kreasi dari olahan chocolate mirror glaze original yang terbuat dari cokelat kepada mahasiswa. Untuk mirror cake cokelat menggunakan cokelat blok (Dark Chocolate), sedangkan untuk membuat resep blue dan pink mirror cake digunakan cokelat putih (White Chocolate) merek ChefMate Chocolate produksi PT Ares Kusuma Jaya.
 
”Penggunaan cokelat putih ini untuk menyamarkan warna cokelat bubuk. Jadi kita dapat mengkreasikan dengan pewarna makanan sesuai pilihan seperti merah, kuning, ungu, biru, putih, hitam, hijau toska, coklat, pink (merah muda) dan warna lainnya sesuai selera.
Dalam kesempatan itu, chef Topan berbagi ilmu cara membuat hiasan motif bunga,  daun dan bulu ayam untuk mempercantik dekorasi topping-nya White Chocolate Creamy Cake. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat hiasan sarang lebah dan cigarette stick, untuk mempercantik penampilan mirror glazing cake ala Rusia.
Sementara itu, chef Otje H. Wibowo, SE., M.par, dosen Pastry Akpar Majapahit mengungkapkan, model pembelajaran dari chef-chef tamu yang dihelat setiap hari Rabu sudah berjalan untuk kali kesekian. 
Salah satu tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan baru sekaligus pencerahan mahasiswa saat mengaplikasikan teori dan praktik pastry yang telah diajarkan di kelas dan membandingkannya dengan perkembangan bisnis pastry terkini yang dilakukan kalangan pabrikan (skala industri).

 
”Sehingga mahasiswa bisa memetik pelajaran dari model pembelajaran seperti ini demi menunjang karier mereka di masa mendatang pasca lulus kuliah,” tandas chef Otje, di sela-sela mendampingi tamunya demo membuat dua resep mirror cake di dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar, Rabu (27/07/2016) siang.
Selain chef Otje H. Wibowo SE., M.Par, juga hadir chef Renny Savitri M.Par, chef Laurentia Vivi,  chef Arwati dan assistance chef Jiurike, Fitri, dan Ira. Mereka adalah staf pengajar di jurusan Pastry Akpar Majapahit.  Mereka pun tampak antusias mendampingi mahasiswa mengikuti demo membuat dua resep Mirror Glazing Cake ala Rusia yang dipersembahkan oleh chef Topan Irianto bersama asistennya Teddy Deswantara dari ChefMate Chocolate.
Nah, Anda tertarik belajar membuat Mirror Glazing Cake ala Rusia, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar