Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Minggu, 12 Juni 2016

Tristar Institute Bogor – Wisata Kuliner Bogor

Tristar Institute Bogor – Wisata Kuliner Bogor

Memanjakan Selera Di Kota Hujan “Bogor”

Dikenal sebagai ‘Kota Hujan’, Bogor juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner yang melimpah untuk memanjakan selera. Mulai dari kuliner di pinggir jalan hingga kafe atau restoran elit, semua ada di Bogor. Bagaimana soal makanan?

Beberapa waktu lalu, saya beserta tim Tristar Institute yang terdiri dari Chef Yuda Agustian, Chef Hendrik, Bapak Suhendra Harja, Rozy, Apriena Putri (staf Tristar Institute) dan Bapak Wono (multimedia) bertugas ke kota Bogor. Ritme kota yang menawarkan suasana menyenangkan dan udara yang sejuk. Sebuah destinasi tepat untuk memenuhi keinginan selera makan dan membeli oleh-oleh.
Talas Bogor, Pantang Dilewatkan

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita jika membicarakan tentang oleh-oleh khas Bogor? Sejenis umbi Colocasia Esculenta L. Schoot atau dalam bahasa populernya disebut Talas Bogor ini adalah oleh-oleh yang sudah sangat melekat sebagai ikon kota Bogor.

            Tidak sulit menemukan pedagang talas di Bogor karena dapat ditemukan di sepanjang jalan protokol. Para pedagang kerap berjajar di sejumlah titik untuk menawarkan talas Bogor. Untuk tahun ini harga yang ditawarkan dari Rp 35.000 sampai Rp 45.000, per satu ikat talas yang telah disusun.

            Jika biasanya talas diolah dengan cara sederhana, seperti digoreng tepung atau direbus, kini, pengolahan talas Bogor sudah lebih modern lagi. Ada yang dibuat keripik talas, lapis talas, brownies talas, dan banyak variasi pengolahan lainnya. Jadi, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tidak membeli oleh-oleh talas bogor.


Wisata Kuliner Malam Di Bogor
 Mie, Roti & Pisang Bakar “Sari Rasa”

Saat perut mulai terasa lapar, berwisata kuliner dimalam hari di kota Bogor, pasti akan terasa mengasyikan. Malam-malam ingin menikmati roti bakar dan segelas cokelat hangat? Atau ingin memanjakan selera dengan sajian aneka rasa mie? Arahkan kendaraan ke Jalan Siliwangi dengan melintasi Jalan Suryakencana. Tampak berjajar tenda-tenda penjaja spesialis makanan malam hari. Sebuah café tenda bertulisan Roti Bakar ‘Sari Rasa’ yang sudah ada sejak ahun 1980 ini biasa jadi pilihan.  

Café tenda pinggir jalan ini menyajikan banyak pilihan makanan ringan, antara lain mie rebus, mie goreng, super bihun, pisang bakar, roti bakar (keju, cokelat), dll. Yang menarik dari sajian mie ini adalah mayoritas mienya disajikan dengan berbagai ‘gaya’ topping, ada kornet, telur rebus, bakso, keju, dll. Wah, rasanya beda lho jika kita masak mie dirumah, coba dech !

Makanan lainnya yang banyak di request disini adalah pisang dan roti bakarnya. Cobain deh, roti bakar dan pisang bakar yang dibakar langsung diatas bara arang, hmm…aromanya sedap dan enak.. Dijamin tidak cukup 1 porsi. Harga makanannya ekonomis banget. Gak heran mejanya jarang kosong terutama saat week-end. Tidak hanya remaja, rombongan keluarga pun sering kami lihat menikmati jajanan ringan malam hari di sini, termasuk kami tentunya. Nah, ada yang kira-kira ingin mencoba ? 

Nasi Sambal & Lalapan, Makanan Favorit

Masih seru menikmati kuliner dikota Bogor di Malam hari. Salah satu warung kuliner di seputaran Jln. Bina Marga yang sempat kita singgahi ini menyajikan nasi sambal, lalapan dan beragam lauk pauk serta tumis sayuran.

Ada sekitar 25 macam lauk yang ditawarkan, seperti ayam goreng, daging, babat, belut, pepes ikan mas, tahu, tempe goreng, tumis oncom, dan masih banyak lagi. Menariknya ada 3 (tiga) macam sambal yang pedas menggigit yang disuguhkan diatas meja, ada sambal terong, sambal tomat dan sambal terasi.


Sebagai pelengkap nasi sambal, coba tambahkan lalapan mentah yang menyegarkan ini. Ada terong glatik, timun kecil-kecil, daun slada dan daun pohpohan. Daun ini memberikan rasa yang hangat dan wangi seperti daun mint. Mau coba?
Pizza Kayu Bakar ‘Kedai Kita’

Wisata kuliner Bogor berikutnya yang sempat tim Tristar Insitute singgahi adalah tempat makan yang cukup ramai dikunjungi yaitu Kedai Kita. Disini terkenal akan pizza kayu bakar. Pizza yang dibakar dengan menggunakan tungku kayu bakar sehingga menghasilkan pizza dengan aroma yang sedap.

Ada banyak pilihan topping yang ditawarkan bagi pecinta kuliner pizza, seperti beef pepperoni, spicy beef, Hawaiian, BBQ smoked beef, dll. Dan yang menjadi primadona bagi tim Tristar Institute diantaranya Hawaiian, Quatro dan Margharita yang lapisan adonannya tipis ditutup rapi dengan isi keju mozzarella yang bikin pizza ini semakin cheesy.

Harga yang harus dibayar untuk masing-masing pizza saling berbeda, kita bisa mengocek kantong sekitar 50 ribu – 80 ribu untuk satu loyang pizza di Kedai Kita. Untuk rasa jangan diragukan kelezatannya, karena dengan tekstur yang empuk dijamin bikin ketagihan. Selain pizza, makanan favorit lainnya yang sempat kita pesan ialah Lasagna bolognaise. Kenyang dan menyenangkan. Tempat makan ini menawarkan pengalaman wisata kuliner di Bogor yang unik dengan menyajikan menu pizza kayu bakar. *Upi
Tristar Institute
School of Culinary – Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise,
D3 Hotel & S1 Culinary Business
Kampus Tristar Institute, ada di:
Surabaya || Jl. Raya Jemursari 244
Telp. 031-8433224, 0813 5786 6283, PIN. 2B517ECB
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang 157B
Telp. 031-8480821-22, 0812 1618 1016, PIN. 25D164CF
Surabaya || Jl. Raya Kaliwaron 58 -60
Telp. 031-5999593, 0822 3005 9993
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10
Telp. 0341-3061525, 0812 3253 9310, PIN. 5CD84671
Tangerang || Jl. Pahlawan Seribu – Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 Blok RL 31-33
Telp. 021-5380668, 0813 3656 3094, PIN. 2B425821
Bogor || Raya Tajur No.33
Telp. 0251-8574434, 0812 3450 6326, PIN. 53B4EFD8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar