Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Jumat, 20 Mei 2016

Sekolah Politeknik Harapan Kita Tegal Studi Banding dengan Akpar Majapahit

Triwulan I Tahun 2016 Kedatangan Tamu dari Tegal, Jawa Tengah

 Jajaki Kerja Sama, Sekolah Politeknik 
Harapan Kita Studi Banding di Kampus Akpar Majapahit Surabaya  

PADA Triwulan I Tahun 2016, Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya kedatangan tamu dari Sekolah Politeknik Harapan Kita Tegal, Provinsi Jawa Tengah.  

Tamu dari kota Tegal itu terdiri dari Ketua Yayasan Harapan Kita Khafdilah, Direktur Politeknik Harapan Kita Ir Muhammad C. Chambali, Sekretaris Erwadi, Bendahara Harsono dan dua orang staf Siti Hajar dan Sobri Sungkar.

Rombongan tamu dari Tegal itu datang ke kampus Akpar Majapahit Surabaya dengan ditemani Ketua Yayasan Trivicia –pengelola Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Pariwisata Indonesia (Stiepari) Semarang Dr Ir Bambang Dwiloka MM, Senin (21/03/2016).

Kedatangan rombongan tamu sebanyak tujuh orang dari Jawa Tengah itu disambut langsung oleh Direktur Akpar Majapahit, Ir Juwono Saroso MM dan jajaran pejabat teras Akpar Majapahit Otje Herman Wibowo SE, M.Par (Asisten Direktur II), Mafthucha Dipl Hot., SE, M.Par (Asisten Direktur III), Kaprodi D3 Perhotelan  R. Paulus Sutrisno M.Par dan Direktur Tristar Institute Andrean L. Bandono SE, MM.

Dalam kesempatan itu, Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM berterima kasih atas kedatangan rombongan tamu dari Sekolah Politeknik Harapan Kita Tegal Jawa Tengah ke kampus Akpar Majapahit Surabaya.


Acara kunjungan kerja yang dikemas dalam bentuk studi banding itu dimanfaatkan betul oleh kedua pihak untuk menjajaki kerja sama dalam bentuk yang lebih konkret seperti membuka Prodi D3 Perhotelan di kota Tegal.

Akpar Majapahit dan Tristar Institute –keduanya berada di bawah payung Matoa Holding-- saat ini telah membuka program studi D3 Perhotelan dan UPW, S1 International Culinary Business (kerja sama dengan IEU Surabaya), S1 Teknologi Pangan (kerja sama dengan Unitomo Surabaya), S2 Parhotelan dan Pariwisata (kerja sama dengan Stiepari Semarang), dan buka program studi D3 Perhotelan di Bogor.

Rombongan berkesempatan melihat langsung sarana dan prasarana yang tersedia di kampus Akpar Majapahit Jemursari sekaligus berdialog dengan dosen dan mahasiswa program studi Pastry dan Culinary sedang ujian kompetensi profesi Pastry dan Culinary  di dapur masing-masing. 

Selain itu rombongan juga sempat meninjau fasilitas mini bar, lab laundry, lab bahasa asing, lab komputer, contoh kamar hotel berbintang hingga fasilitas perpustakaan. Di lantai 4 Graha Tristar, tamu dari Jawa Tengah itu disuguhi aksi ciamik mahasiswa Prodi D3 Perhotelan yang sedang praktik Food & Beverage Service (FBS) yang diasuh oleh Suhendra Hardja.

Selain itu, Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus Sutrisno M.Par bersama tamunya Direktur Sekolah Politeknik Harapan Kita Ir Muhammad C. Chambali melihat dari dekat contoh kamar hotel berbintang untuk simulasi praktik House Keeping bagi mahasiswa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.

Kepada kru www.culinarynews.info, Bendahara Sekolah Politeknik Harapan Kita Tegal Harsono mengatakan, kunjungan rombongan tamu dari Tegal ini untuk studi banding ke kampus Akpar Majapahit Surabaya terkait dengan rencana pihak yayasan yang mengelola Sekolah Politeknik Harapan Kita membuka Prodi D3 Perhotelan di kota Tegal, Jawa Tengah.

”Industri perhotelan dan pariwisata di Jawa Tengah khususnya kota Tegal belakangan semakin menggeliat. Untuk itu perlu suplai sumber daya manusia (SDM)  yang kompeten di industri tersebut. Karena itu, kami pun tertarik buka Prodi D3 Perhotelan dan menjajaki kerjasama dengan pihak Akpar Majapahit,” terang Harsono mendampingi Ir Muhammad C. Chambali, Direktur Politeknik Harapan Kita, kemarin.

Kunjungan tamu ke kampus Akpar Majapahit juga dimanfaatkan betul oleh Sobri Sungkar, staf bagian dokumentasi dari Politeknik Harapan Kita, untuk mengabadikan sejumlah fasilitas perkuliahan maupun laboratorium praktik mahasiswa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya.

Rombongan tamu dari Sekolah Politeknik Harapan Kita Tegal akhirnya memutuskan studi banding ke Akpar Majapahit setelah mendapat advice dari Ketua Yayasan Trivicia –pengelola Stiepari Semarang—Dr Ir Bambang Dwiloka MM untuk menimba ilmu  seputar penyelenggaraan Prodi D3 Perhotelan dengan pihak Akpar Majapahit, bukan dengan lembaga pendidikan  tinggi yang lain dari Jakarta, Denpasar atau Bandung.

”Kalau Anda ingin studi banding dengan lembaga pendidikan yang punya Prodi D3 Perhotelan, saya sarankan Anda datang ke Kampus Akpar Majapahit Surabaya. Selain punya kedekatan emosional, saya juga sudah menjalin kerja sama dengan membuka program pascasarjana (S2) Perhotelan dan Pariwisata,” tandas Bambang Dwiloka, Ketua Yayasan Trivicia kepada kru www.culinarynews.info. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar