Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Senin, 30 Mei 2016

Mahasiswa Akpar Majapahit Mojokerto Diajarkan Teknik Presentasi Lelang Paket Wisata

Imania Ayu Wulandari ST.Par., Dosen Akademi Pariwisata Majapahit

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Diajarkan Teknik Presentasi Lelang Paket Wisata Domestik
MAHASISWA D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Mojokerto yang mengikuti mata kuliah Tour Programming 2 diajarkan teknik presentasi lelang paket wisata domestik oleh Imania Ayu Wulandari ST.Par., dosen Akpar Majapahit di lantai 3 Gedung Graha Tristar, Sabtu (28/05/2016).

Pada perkuliahan tersebut dihadiri 11 mahasiswa, yakni Avia Nirmala K, Beti Fenna Yulinda, Inna Margiati, Moh. Ikav Aries P, Neneng Dwi Setiowati, Novi Wijayanti, Nur Fadlilah, Nur Laili Saadah, Resti Irvinia, Supendi dan Zuly Rachmawati.
Untuk bisa mengikuti mata kuliah Tour Programming 2 terutama yang terkait dengan implementasi teknik presentasi lelang paket wisata domestik, mereka lebih dulu dibekali mata kuliah Dokumen Perjalanan (Tour  Document 1 dan 2) serta Tour Programming 1 di kelas. Dengan demikian saat presentasi di depan kelas, mahasiswa sudah paham apa yang akan disajikan.
Selama perkuliahan Dokumen Perjalanan (Tour Document), mahasiswa dikenalkan tentang paspor, visa turis (untuk tujuan Jepang, Korea, China, Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Australia), print out tiket pesawat, voucher hotel dan dokumen pendukung perjalanan ke luar negeri yang lainnya.
”Dokumen perjalanan itu merupakan persyaratan utama yang wajib dibawa oleh seseorang yang akan melakukan perjalanan ke mancanegara, sedangkan untuk perjalanan domestik Anda cukup membawa identitas diri (KTP/SIM), print out ticket pesawat domestik dan voucher hotel,” kata Imania, sebelum memberikan materi kuliah Tour Programming  2 kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Selain belajar mata kuliah Dokumen Perjalanan (Tour Document), mahasiswa D3 Prodi UPW juga diajarkan dosen pembimbingnya bagaimana menyusun paket wisata dalam mata kuliah Tour Programming, yang terdiri dari Itinerary (jadwal perjalanan), Quotation (hitung-hitungan biaya paket tur domestik maupun internasional) dan Run Down (susunan acara wisata).
”Dalam perkuliahan Tour Programming, saya sudah melakukan beberapa kali tatap muka dengan mahasiswa, mulai pengenalan tentang sisik melik Tour Programming, hingga menyusun paket city tour Surabaya, merancang paket wisata Malang (2D1N),  menyusun paket wisata Bromo (2D1N), membuat paket wisata Jogja (3D2N) dan membikin paket wisata Bali (3D2N),” terang dosen UPW yang saat ini juga menempuh kuliah Pascasarjana (S2) di Stiepari Semarang.
Dalam kesempatan presentasi kali ini, mahasiswa yang tampil pertama adalah Avia Nirmala K. Gadis manis berkaca mata ini mengenalkan jati dirinya, menjelaskan secara singkat company profile  Piapio Tour & Travel Mojokerto dan memaparkan kelebihan paket wisata yang ditawarkan kepada calon user.
Dalam hal ini, Avia menyiapkan paket wisata bertajuk Gunung Kidul (Gundul) Exotic Tour yang dikemas selama dua hari satu malam (2D1N). Peserta tur berangkat dari Bandara Juanda Surabaya terbang ke Jogja (mendarat di Bandara Adisucipto). Dari bandara Jogja, rombongan diantarkan menuju Gunung Kidul, makan siang di local resto. Rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Gua Pindul, Body Rafting Sungai Oyo dan check in Homestay di Gunung Kidul untuk bermalam.
Pada hari kedua, setelah peserta Gundul Exotic Tour menikmati sarapan pagi (breakfast), siap-siap meluncur menuju objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Puas berwisata air di Sri Gethuk, peserta menutup agenda turnya ke Pusat Oleh-oleh Khas Jogja dan makan siang di local resto. Selanjutnya rombongan diantar seorang pemandu wisata (tour guide) menuju Bandara Adisucipto Jogja untuk kembali ke Surabaya dengan menumpang pesawat.
Saat presentasi di hadapan audiens, Avia juga melengkapi data-data pendukung seperti company profile Piapio Tour & Travel, gallery foto objek wisata di kawasan Gunung Kidul Jogja, baik Gua Pindul, Body Rafting Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk dan Pusat Oleh-oleh Jogja. Tidak ketinggalan, Avia menampilkan patokan harga paket tur dan penginapannya untuk grup tur.
Misalnya, peserta tur 2-4 orang bermalam di hotel melati kena Rp 650.000 perorang, sedangkan jika menginapnya di hotel bintang satu di-charge Rp 700.000 perorang. Jika peserta turnya 6-8 orang biayanya dipatok Rp 600.000 perorang (melati) dan Rp 670.000 (bintang satu).
Sementara itu jika jumlah peserta tur 26-35 orang, maka biayanya bisa lebih hemat, yakni Rp 490.000 perorang (melati) atau Rp 550.000 perorang (bintang satu). Bahkan jika jumlah peserta tur mencapai 35-40 orang, maka setiap orang hanya dikenai biaya Rp 475.000 (menginap di hotel melati) dan Rp 520.000 (bermalam di hotel bintang satu).
”Selama musim liburan lalu, travel kami meng-handle rombongan tur karyawan PT Kurnia Anggun Setia dan PT Rapindo Hastama mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Jogjakarta,” ungkap Avia, yang getol mengenalkan tagline travelnya Your Dreams in Destinations kepada audiens.
Setelah Avia, mahasiswa lain juga mendapatkan giliran untuk mempresentasikan paket wisata unggulannya yang ditawarkan kepada audiens. Misalnya, Inna Margiati mengajukan peket wisata Gili Lebak Tour (Madura), Moh. Ikav Aries P menawarkan paket wisarta Lovina Tour (Bali). 
Sedangkan Neneng Dwi Setiowati mengajak audiens bergabung dalam Dieng Tour (Jawa Tengah), Novi Wijayanti menawarkan keeksotikan pantai dalam Lombok Tour dan Nur Fadlilah mengajukan paket Bromo Tour.
Sementara itu Nur Laili Saadah mengangkat materi presentasinya dengan menawarkan paket wisata Pangandaran Tour (Jabar),  Resti Irvinia menyodorkan paket wisata Bali Tour kepada audiens, Supendi fokus menggarap Banyuwangi Tour dan Zuly Rachmawati mencoba mengangkat paket wisata Pacitan Tour, kota berjuluk 1001 Gua dan keelokan pantainya yang masih perawan.
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar