Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Kamis, 25 Februari 2016

Sajikan Lobster Citarasa Nusantara Gaya Hotel Berbintang



Selama ini, lobster dikenal sebagai jenis seafood yang mewah. Dagingnya cukup banyak, teksturnya lembut dan tentu saja berharga mahal. Melalui kegiatan showmanships dalam materi perkuliahan Pengolahan Menu Katering, bersama Chef Ari Purwantoro, S.St.Par, MM, Chef Yanuar Kadaryanto, A.Md Par, SE, MM dan Chef Adeline Nadia Daniel, Adv.Dip.Hosp, mendemokan sajian lobster bergaya hotel berbintang yang tentunya bisa diterapkan di pendidikan kuliner.



Kegiatan showmanships masih memberikan konsep yang sama, dimana mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit yang mengikuti praktek kuliner dapat menyaksikan langsung cooking demo dari para chef profesional, sehingga mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dari trend kuliner yang berkembang serta tips-tips dalam mengolah bahan makanan.
 Dalam kesempatan tersebut, para chef professional yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, S.St.Par,MM, Chef Yanuar Kadaryanto, A.Md.Par, SE, MM dan Chef Adeline Nadia Daniel, Adv.Dip.Hosp, mendemokan pembuatan sajian lobster. Penasaran, bagaimana para chef profesional ini meracik kelezatan lobster gaya hotel berbintang?
Perlu diketahui sajian yang satu ini berbeda dengan sajian lobster khas western yang biasa dinikmati dengan kentang ataupun sayuran segar. Sajian lobster yang didemokan kali ini terbilang unik. Cara penyajian lobsternya bercitarasa nusantara yaitu lobster yang di-grill dengan bumbu kuning khas Jawa disajikan dengan nasi putih gurih dan sambal. Ada 3 (tiga) sambal yang disajikan asli Indonesia yang membuat lobster semakin bercitarasa lokal yakni sambal matah khas Bali, sambai ijo khas Sumatera, dan sambal rica-rica khas Sulawesi. Selain aneka sambal, ada pula sayur trancam yang segar.

Wah cooking demo yang menarik, para chef ini mengajak mahasiswa mengenal teknik memasak untuk menghasilkan sajian lobster yang lezat. Mengapa memilih bahan baku lobster yang didemokan?

Di dunia kuliner, lobster tak diragukan lagi merupakan raja seafood yang sangat populer dan banyak disajikan sebagai menu hotel berbintang. Tak heran, jika harganya pun sangat mahal. Untuk menghidangkan sajian lobster layaknya hotel berbintang, pastinya diperlukan para chef yang memiliki spesialisasi memasak hidangan lobster. Materi kuliner ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para mahasiswa untuk mengetahui teknik maupun tips memasak lobster yang tepat.

Dalam demonya, chef Ari dan chef Della, mengatakan hal senada dengan chef Yanuar. Menurut chef Yanuar menjelaskan memasak lobster sebaiknya kulit atau cangkang lobster tidak dibuang. Kulit lobster sangat kaya akan citarasa. Ia juga memperingatkan untuk tidak memasak daging lobster terlalu lama, melainkan hanya 7-15 menit agar citarasa alaminya tidak hilang.

Keasyikan kegiatan showmanships dalam pembuatan sajian lobster citarasa nusantara ini begitu dirasakan oleh semua mahasiswa kuliner. Mereka selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh para chef, para mahasiswa diajak aktif mengikuti memasak lobster seperti dalam hal menyiapkan bumbu hingga mem-plating lobster menjadi sajian yang menarik untuk disantap.

“Praktik cooking demo lobster ini sangat menyenangkan. Kita banyak tahu, bagaimana memasak lobster yang benar. Mulai dari pemilihan bahan, teknik memotong hingga teknik memasaknya,” ungkap Defline, salah satu mahasiswa kuliner.

Nah, apabila berminat untuk menjadi salah satu chef profesional maka tidak ada salahnya gabung dan rasakan kenyamanan belajar di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Ada banyak program-program kuliner menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan showmanships seperti ini dengan tema-tema yang berbeda. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050



Tidak ada komentar:

Posting Komentar