Mojokerto
Raya Jabon KM 07

Surabaya.
Jln, Jemursari 244.

Rabu, 19 Agustus 2015

Cantik & Mungil Sajian Western Hors D Oeuvre


Culinary Advanced – Akademi Pariwisata Majapahit

 ‘Small is beautiful’ mungkin ini kata-kata yang cocok diucapkan saat melihat kreasi mahasiswa Akpar Majapahit kelas Culinary Advanced yang sedang praktik membuat sajian Western Hors D Oeuvre.


Berbicara tentang materi Western Hors D Oeuvre, Chef Budiono selaku dosen kuliner menjelaskan dalam pokok bahasan ini mahasiswa diajarkan membuat hidangan pembuka selera berukuran mungil (small bite). Sajian ini memiliki keindahan tersendiri, rasa yang enak (tastefull), ringan (ligth), menyegarkan, dan disajikan dengan penampilan menarik.

 
 

Dalam praktiknya, mahasiswa Culinary Advanced membuat 8 menu, antara lain King Prawn and Avocado Salad with Gazpacho, Fajitas with Guacamole, Cilantro Roasted Veal Medallions with Portobello Mushroom Tart, Charred Mexican Style Flank Beef Wrapped in Flour Tortila with Picodegallo, Seared Sea Scallop and Romesco Sauce, Oyster Tasting with Three Dips, Spinach Crepes with Lentil Raqout and Tomato Coulis, dan Vegetables and Tofu Cannelloni with Cilantro.


Menurut chef Budiono, sajian Western Hors D Oeuvre diperlukan kejelian dan kreativitas. Hampir semua menu yang dipraktekan menggunakan bahan segar dan bumbu yang khas yaitu bumbu-bumbu yang merangsang selera makan. Sehingga citarasa yang ditampilkan harus unik, lembut, dan tetap menyegarkan.


Ia juga menjelaskan bahwa disetiap minggu diakhir materi perkuliahan, mahasiswa Culinary Advanced dianjurkan untuk membuat Food Creation. Dengan harapan, mahasiswa mampu menciptakan kreasi menu baru yang layak dan bernilai jual.


Dengan poin penilaian yang meliputi rasa, tekstur, penampilan dan kreativitas, beberapa mahasiswa Culinary Advanced seperti Ridho D membuat kreasi menu Salmon Fry with Clam Sauce, dan Titus F. membuat kreasi menu Salmon Blackpepper Sauce. Wah, dalam waktu selama 90 menit, mereka dapat menyajikan sajian berukuran mungil dan cantik, lho !


Pasti keren bukan, tampilan produk Western Hors D Oeuvre yang dibuat oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Culinary Advanced? Sudah tidak diragukan lagi, kelas Culinary Advanced yang ada di kampus Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia kuliner untuk menjadi chef profesional. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 234 & 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar